Langsung ke konten utama

Memahami Keheningan Cowok Finlandia dalam Tiga Bahasa



Yuk, curcol soal cowok-cowok Eropa lagi! :p

Seriusan, dari sekian kali berkencan dengan para cowok Eropa, hanya cowok dari bangsa satu ini yang membuat saya pusing bukan main. Finlandia, negara bagian utara Eropa yang masuk ke dalam wilayah Nordik meskipun letaknya lebih dekat dengan Rusia dan Eropa Timur.

Ketertarikan saya dengan Finlandia sebenarnya bermula sejak kuliah. Tidak jarang, dosen saya menyebut-nyebut sistem edukasi Finlandia yang terbaik seluruh dunia hingga sering dijadikan tempat untuk studi banding. Karena hal inilah, di awal semester 6 saya nekad belajar bahasa Finlandia secara otodidak!

Hijrah ke Belgia dan Denmark, membuat saya lupa kalau pernah belajar bahasa Finlandia. Hingga suatu ketika, perkenalan saya dengan seorang cowok asli Finlandia pun muncul.

"Hauska tutustua! (Senang berkenalan dengan kamu!)" kata saya saat tahu dia berasal dari Finlandia.

"Wow! Kamu bisa bahasa Finlandia?" katanya takjub sambil tepuk tangan.

"Ei (Tidak). Cuma ingat minun nimeni on Nin (nama saya Nin)."

"Mä oon Jan (saya Jan)," kata seorang  cowok imut yang sering bolak-balik Finlandia-Denmark dan sudah mapan di usianya yang baru 24 tahun saat itu.

Jan, you are a sweet bastard, seriously! Gara-gara cowok ini, saya jadi tergila-gila dengan cowok Finlandia dan negaranya. Gara-gara cowok ini juga, saya akhirnya belajar tentang Finlandia lebih jauh. Tapi, gara-gara dia juga saya merasa di-PHP!

Ladies, cowok Finlandia yang kalian kenal via internet akan sungguh berbeda jika bertemu secara langsung di benua mereka. They are super confusing! If you do not know how they are.

No small talk, please!

Awal mula berkenalan dengan Jan, saya dan dia sebenarnya lebih banyak bicara via texting. Sama seperti tipe cowok pada umumnya, Jan juga senang mengobrol, berbagi gambar dan suara, hingga kadang suka gombal di WhatsApp.

Tapi karena saya tidak tahu anehnya cowok Finlandia, beberapa minggu kemudian ada yang berubah dari cowok ini. Tiap kali ingin mengobrol, pasti saya duluan yang memulai. Gaya bicaranya pun sudah mulai hemat, tidak lagi boros seperti awal-awal dulu.

Baca juga: Cowok Norwegia di online dating

Frustasi, bingung, pusing, lalu selalu berasumsi dan menanyakan entah apa yang terjadi dengan cowok ini, saya akhirnya mantap berkesimpulan kalau Jan memang tidak suka dengan saya. Tidak seperti cowok lainnya, yang kalau tertarik dengan cewek pasti penuh dengan rasa penasaran, Jan malah sebaliknya.

Hingga akhirnya, saya mempelajari satu hal baru tentang orang-orang Finlandia; mereka tidak suka basa-basi! Gara-gara rasa frustasi terhadap sinyal Jan, saya akhirnya ikut mempelajari karakter orang Finlandia lewat Finnish Nightmares. I am suddenly falling in love with the character, Matti!


Matti adalah karakter komik yang diciptakan oleh Karolina Korhonen yang memiliki sifat dasar orang-orang Finlandia yang introvert, menyukai ketenangan, personal space, sopan, dan tidak suka berbasa-basi.

Dari Finnish Nightmares, secara tidak langsung saya jadi paham karakter orang-orang Finlandia yang memang mirip Jan. Ibarat kata, orang-orang Finlandia itu seperti komputer yang hanya bisa menjawab pertanyaan tanpa bertanya balik. Pfft.

How do they reply to your text?

Natal tahun lalu, saya memang sengaja memotret pohon Natal di rumah dan mengirimkan ucapan selamat Natal ke beberapa kontak di WhatsApp. Termasuk para cowok-cowok Eropa yang masih berhubungan dengan saya via texting.

MERRY CHRISTMAS, (insert nama yang dikirimi pesan)!

Beginilah cara mereka membalas pesan saya:


Lihat cara seorang cowok Finlandia membalas pesan saya? Double pfft? Iya!

Saat mengirim pesan ke doi, saya memang sengaja menuliskan Selamat Natal ke dalam bahasa Finlandia. Lalu dibalas "begitu saja" oleh doi, kiitos samoin (sama-sama ya).

The drunken master

Ladies, kalau kalian memang sempat terlanjur jatuh hati dengan para cowok Finlandia, jangan dulu mudah berasumsi kalau mereka tidak tertarik dengan kita ya. Cowok Finlandia memang tidak ekspresif, pemalu, dan irit bicara.

Bagi mereka, diam itu emas. Ini benar-benar kenyataan, lho, bukan hanya pepatah. Daripada tidak ada kata-kata baik yang bisa diucapkan, cowok Finlandia yang fasih berbahasa Swedia dan Inggris pun lebih baik tidak bicara satu kata pun.

Meskipun terlahir ganteng dan menawan, cowok Finlandia juga termasuk tidak percaya diri. Makanya kebanyakan cowok Finlandia pembawaannya misterius dan cool, but so insecure and craving for love inside.

So, how to make Finns talk? Give them vodka! Yessh, orang-orang Finlandia juga terkenal dengan alkohol dan raja mabuk. Katanya, alkohol dapat membantu mereka lebih percaya diri saat mendekati lawan jenis. Alkohol juga yang membuat mereka lebih terbuka dan nyaman diajak bicara. But, I do not know if it's always good to have a first date in the bar.

Master of the friend zone

Sudah dekat dengan cowok Finlandia, sudah diajak jalan, tapi tiba-tiba dia menghilang dan semakin membingungkan?! How come??!!

Cowok Finlandia memang sangat berhati-hati untuk jatuh cinta, terutama dengan gadis-gadis asing yang mereka temui saat travelling. Meskipun si cewek cantik jelita bak malaikat, tapi kalau ternyata si doski tinggal di Antartika, cowok Finlandia berani saja bye. 

Meskipun benci dengan cuaca dingin tanpa henti, tapi cowok Finlandia juga sangat cinta dengan negara mereka. Sangat sulit sekali mengajak si cowok pindah ke negara lain jika kalian memang sedang berada di proses ingin melangsungkan pernikahan. Mereka sangat girang bisa jalan-jalan dan tinggal di negara lain, tapi tidak untuk waktu yang lama. No matter where, they always call Finland a home.

Baca juga: Berniat Pacaran dengan Cowok Skandinavia? Baca Ini Dulu!

Jadi kalau sudah tahu akan LDR ataupun hubungan tidak akan berlanjut hanya karena jarak, cowok Finlandia lebih baik kabur dan meninggalkan si cewek. Saya pernah mengobrol dengan cowok Finlandia yang tinggal di Tampere dan gebetan doi yang ada di Helsinki.

"It's only two hours driving, right?" tanya saya menguatkan niatnya untuk tetap mengejar si cewek.

"Yes, it is. Tapi susah. Dia tinggal di asrama kampus. Sementara saya juga susah untuk mengambil cuti di hari kerja. It is just so difficult for us."

Jadi sebelum memastikan si doi benar-benar menginginkan komitmen, sebaiknya lupakan saja keinginan untuk pacaran kalau kalian memang tinggal di tempat yang berjauhan. Kecuali, si doi memang tipe pejuang dan petualang yang rela menerobos hutan, badai, dan angin kencang demi bertemu dengan sang tercinta.

Honesty 

Katanya, orang-orang Finlandia adalah bangsa paling jujur sedunia. Karena irit bicara, orang-orang Finlandia juga tidak kebanyakan gombal dan berkata-kata manis demi memanjakan pasangan. Selain sulit sekali mengatakan kata I LOVE YOU, mereka lebih suka menyatakan rasa sayang lewat perbuatan ketimbang perkataan.

Orang-orang Finlandia juga menghargai kejujuran, makanya omongan mereka kebanyakan memang benarnya. Jadi, jangan berasumsi kalau mereka hanya gombal saat mengatakan kita cute, cantik, ataupun pintar. Sulit sekali, lho, bagi mereka untuk memuji seseorang dari dalam hati, apalagi untuk si gebetan yang sedang mereka taksir. Take their words more, but actions the most :)

Finnish vs Finnish-Swedish

Walaupun orang-orang asli Swedia hanya kurang dari 10% yang menempati Finlandia, namun kedua bangsa ini masih susah sekali berdamai hingga sekarang.  Orang Finlandia asli yang kebanyakan petani ataupun tukang kayu, sering dipandang down oleh orang keturunan Swedia yang lebih kaya dan sering membawa mobil mewah kemana-mana.

Dari gaya cowok-cowoknya, sebenarnya cowok asli Finlandia lebih maskulin ketimbang keturunan Swedia. Cowok Finlandia dianggap lebih macho karena pandai membuat rumah dan bekerja di hutan. Sementara, cowok keturunan Swedia dianggap lebih flamboyan karena terlalu stylish dan selalu bangga dengan bahasa Swedia mereka.

Kalau dilihat dari fitur muka dan gayanya pun, cowok keturunan Swedia lebih kebanyakan seperti para manusia Skandinavia umumnya; so stylish, blonde, and hot. Sementara cowok Finlandia, saya merasa mereka memiliki muka yang khas dan sedikit mirip-mirip di bagian mata dan hidung; perfectly fit, strong, cute, and very casual. 

How to know if they like you?

Kalian tahu pembalap asal Finlandia, Kimi Raikkonen? Coba saja cek di Youtube bagaimana ekspresi dan reaksi Kimi saat diwawancara. It seems like he hates all the questions! Haha.

Sama seperti cowok Finlandia lainnya, Kimi juga termasuk yang tidak ekspresif. Saat marah, bahagia, ataupun sedih, ekspresi Kimi hanya bisa datar. Ketidakespresifan cowok Finlandia ditambah lagi betapa iritnya mereka bicara, membuat kita para cewek bingung menerjemahkan sinyal cinta mereka. Does he like me? Does he care with me?

So, ladies, I am not a Finnish guy expert, but chances are these signs would be close to his behavior when he's interested in you!

1. He is replying your text. Kalau kalian memang rajin textingan dan meskipun si cewek duluan yang selalu texting duluan, tapi selama si cowok masih rajin membalas, it is a clear sign that he likes you. Titik.

2. Dia jujur saat memberikan pujian. Meskipun sulit untuk mengungkapkan rasa suka, tapi cowok Finlandia selalu berusaha untuk memberikan sinyal positif ke si cewek meskipun sedikit.

Baca juga: Mencari Cowok Ganteng di Cina

3. Cowok Finlandia juga terkenal sweet, lho! Saat kamu datang atau pulang dari travelling, mereka tidak segan untuk menjemput ke bandara dan menawarkan menginap di tempat mereka. It happened to me once.

4. Karena memiliki rasa percaya diri yang rendah, cowok Finlandia juga sebenarnya sangat open menjalin hubungan dengan gadis asing asalkan si cewek mau diajak pindah ke negara mereka. Bagi mereka, cewek-cewek asing lebih ramah dan terbuka ketimbang cewek asli Finlandia.

5. You need to be a leader! Jangan takut texting duluan, mengajak jalan duluan, mencium duluan, ataupun menanyakan tentang perasaan si cowok duluan. But, please, don't freak him out! :D

Cowok Finlandia memang sedikit aneh, membingungkan, dan sedikit bicara, tapi bisa jadi merekalah tipe cowok independen dan macho yang kamu cari. Tapi sekali lagi, sebelum berpikiran aneh-aneh terhadap mereka, cobalah untuk lebih dulu mengerti dan belajar budaya Finlandia yang tidak seekspresif dan terbuka orang Indonesia. Moi moi! 



Komentar

  1. wow aku suka tipe cowok yang cuek lebih greget.
    aku kurang suka sama cowok yang terlalu suka merayu haduh lebay.
    Karena aku kan sifatnya cerewet dan yang aku butuhkan cowok yang bisa menjadi pendengar kalau sama-sama cerewetnya bisa bentroj terus hahahha :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. Kayaknya cowok Finlandia yang irit ngomong emang pas jadi partner kamu nih :p
      Tapi hati2 ya, jangan kesel kalo sering dicuekin.

      Hapus
  2. anyway, lucu-lucu lihat meme soal finnish people. mereka lebih natioanalist dan introvert. Bahkan buat berpakaian aja gak kayak tetangganya si swedish yang super modis haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener. Cowok Finlandia kebanyakan cuek2 dan lebih suka pake baju yang terkesan practical. Sementara, cowok2 keturunan/asli Swedia yang tinggal di Finlandia lebih ribet karena mesti pake hair product ataupun pake baju2 stylish :D

      Hapus
  3. Waw....jadi greget dehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi!! EMANG!! Gregetan dan kadang suka ngeselin :b

      Hapus
  4. Kak Nin salam kenal..
    Jadi penasaran & tertantang buat have a relationship with Finnish guy wkwkwk
    Firstly, gimana caranya ngajak mereka kenalan didunia maya seperti instagram yah ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Meyra!
      Kamu beneran mau pacaran sama cowok Finlandia? Duhh, saya yang baru kenal aja udah pusing sama tingkah mereka! Hhaha..
      Sayangnya, kalo kamu mau kenalan dengan tipe2 cowok di atas, either kamu mesti ketemu secara langsung atau kenal mereka saat kamu di Eropa. Cowok Finlandia yang kamu temui di Eropa biasanya bakalan beda sama cowok Finlandia yang kamu temui saat travelling ke Asia ;)

      Hapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Mostly bener bgt kelakuannya begitu haha. Aku br kenal sekitar 2minggu sm cowo Finnish dr Lahti city pas lg traveling di Bangkok. Tanpa tau kalo dia suka sm aku, tbtb dia blg 'will you marry me?' damn, parahnya itu dia bener bener drunken master, jd ku kira dia cuma drunk. Tp 2bulan kemudian akhirnya aku luluh juga, krna dia sweet dan lucu bgt. Omg hahaha rencana married tahun dpn hehehe thanks article nya author;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hoho..

      Finally ada cowok Finnish yang berani "katakan cinta dan ngajak nikah"! Semoga langgeng dan sukses sampe hari H ya :)

      Hapus
    2. Sudah jd menikah blum mbak sma mas nya ? :)

      Hapus
  7. Saya jga ldr sm finlandia,,,,dia kturunan Finland Turkish,,Saya jga banyak di ajarin bhs finish ,kebetulan dia Muslim jd Kita nyam ung,memang betul mereka sedikit bicara,tp ramah Dan suka bercanda,,,Dan dia lbih ska cwek Asia ketimbang Finland,ga tau knpa ,,kata dia cwe di Finland itu bebas dlm Hal apapun ,Dan dia suka skali dg Bahasa Indonesia,yg kalo dia ngomong bkin Saya ngakak abis😅😂😂,lebaran haji dia datang,karna sebulan yg lalu dia Dr jkarta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang aku tau, cowok Turki emang prefer nyari cewek Asia karena pengen lebih dominan :p Jadi meskipun dia Turkish-Finnish, doi pasti lebih milih yang seagama dan lebih submisif karena budaya Turki kan mirip-mirip Asia dimana cowok yang lebih pegang kontrol.

      Good luck ya buat kamu! Ketemu aja dulu dan kenalan lebih jauh. Siapa tau emang jodoh ;)

      Hapus
  8. Hai mba nin,aku lg naksir cowok finland ni.memang si bbrp cowok finland yg ku kenal sesuai banget dengan uraian dirimu.tp yg bikin ku mabuk kepayang ini beda banget,rame banget orangnya and suka kepoin aku,bahkan pernah terang2an marah saat ku dekat dengan teman pria lain.apa dia jatuh cinta juga ya dengan aku.tapi gimana ga mau terbang melayang,tiap ketemu matanya langsung ke arah ku dengan tatapan yg sangat dalam.😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu jatuh cinta apa posesif sih? :p
      Ini baru naksir2an aja ya ceritanya?
      Udah pernah kissing belom?

      Biasanya kamu mesti agresif duluan nih kalo emang beneran suka sama doi. Sign-nya cuma satu; kalo udah kissing, terus doi juga suka sama kamu, biasanya bakalan lanjut. Kalo gak, cuma sebatas2 kode2an atau kepo2an doang :D

      Hapus
  9. Aku lagi pedekate ama cowok finlandia ...emang sie ulasan diatas banyak benernya ..tp cowok yg finland yg lg dket ma aq skrg ini dia lumayan banyak bicaranya ..gelagatnya dia emang suka aq tp sangat susah bagi dia utk bilang I LIKE you 😒
    But from his act ...I know what did he feel 😜

    Thks yaa udh ksi ulasan tentang cowok finland 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Emang tipikal cowok sana hati2 banget ngungkapin isi perasaan. Takutnya kita gak punya perasaan yang sama kayak doi, jadinya kecewa. Tapi kalo kamu udah yakin sama clue2 yang dia kasih sih, mudah ketahuan kalo mereka tuh malu2 tapi mau ;p

      Good luck ya buat pedekatenya!

      Hapus
  10. Halooo, iseng" nyari di google ternyata ketemu nih website, dari semua point yg kamu sebutin, 99% bener semua dong :D sekarang lagi jalan sama Finnish, udah jalan setahun sih, doi pemalu banget, tapi pas texting yaa biasa aja, cuma pas first time meeting canggung banget, selama ini yg selalu ngajak hampir semuanya selalu aku, mulai dari ngajak pacaran sampe ngajak nikah lol dia cuma berani ngajak nonton doang haha doain semoga semuanya lancar dan kita bisa segera close the distance yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha! ASLI! Ini tipikal cowok Finlandia banget. Semuanya mesti cewek yang punya inisiatif dan gerakan. Kasih aja alkohol deh biar ngomongnya lugas ;D

      Sukses ya sama love story-nya! Semoga cepat disatukan :)

      Hapus
  11. Setelah saya baca semua dari mba nin itu sangat benar sekali.setelah 1 minggu saya pulang dari finland cowo saya tidak ada kontek saya.Selalu saya duluan yg text and call dia.Itu pun juga dia balas irit sekali kata2 nya tapi waktu saya di finland dia sangat menyenangkan.Kadang ada ngeselin nya juga.Setelah saya di indonesia sangat beda sekali.Perkataan nya dia tidak pernah stabil selalu berubah.Dia bicarakan untuk menikah tapi besok berubah lagi ada aja alasan nya.Sering omongan nya dia yg buat saya terkuras otak bikin pusing.Kadang saya berpikir apakah dia benar mau serious menikah.Memang finnish guy ga gampang walau kita udh tinggal bersama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu beneran cowok kamu atau temen maen doang? Kenapa masih abu-abu gitu padahal udah pacaran? ;D

      Padahal cowok Finlandia kalo udah deket sama kita dan kita juga udah tau luar dalemnya dia, orangnya lebih terbuka kok. Kalo dari yang kamu ceritain gak labil gitu, aku asumsiin kalo dia gak 100% serius tuh sama kamu :)

      Hapus
  12. Hi nin..
    Semua yg ditulis disini semua benar, dan saat ini aku lagi jalani sama si finnish.. pas ketemu pertama kali sama sama malu tapi dy duluan ambil inisiatif buka obrolan itupun karena dia minum wine🤭 akhirnya kita ngbrol ngalur ngidul..
    Dia slalu bilang "I like u alot babe"
    tapi kok masih ada yg mengganjal di hati ya.. 🙄
    Dy punya anak dari mantan sebelumnya..
    Bukan masalah sih buat aku,karena aku juga punya anak..
    Dan bulan ini kita ada rencana mau ketemu utk yang ke2 kali. Doakan lancar yaa.. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok jijay ya aku bacanya! Haha..
      First of all, dia baru bisa open up pada saat gak waras doang a.k.a pas tipsy karena alkohol. Jadinya lebih open.
      Yang kedua, dia cuma bisa “I like you, I like you” pas di texting doang kan? Red sign sih menurut ku. Soalnya kamu mesti siap dengan segala sifat tertutupnya dia saat ketemu nantinya.

      Hapus
  13. Pas aku liburan di bali aku juga ketemu sama org finlandia dan bener iseng cari di google sifat nya gini, tapi bedanya dia suka ngasi emot smile gtu, dia selalu respons tapi ga tau dia suka sama aku atau ga padahal pas di bali udh 3 hari bareng sama dia trus mau baper tapi takut :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emot smile mah biasa banget. Bumbu doang itu mah, jangan sampe gak pake smiley :D

      Emang tipikal cowok Finnish gitu; kalo deket, dia bakalan kayak attached banget sama kita. Coba aja pisah seminggu, sifatnya langsung berubah. Tapi sebetulnya mereka tuh sweet kok kalo kita udah kena hatinya banget ;)

      Hapus
  14. Hi! Pacar ku orang Finland, kita udah setaun pacaran. Aku udah 1,5taun tinggal di Helsinki.
    Org Finland emg banyak yg pemalu, but not all of them, believe me. Kebetulan mantan aku org Norway. Kalo untuk looks, cowo2 Norway lebih good looking, they are hotter. Idk why. They know how to have fun. Cowo sini, they are boring. I had boring dates, not only once. But pls take a note, not all of them. Cowo aku berusaha bgt untuk “ngomong” pas kita pertama kali ngedate, gatau knp kita bs pacaran hahaha. Dia cowo pemalu emang, tp kalo udh kenal mahhhh hahaha. Dia juga bukan cowo gaul2 yg tinggal di Kallio. Tp dia baik, sayang bgt sama aku. When Finns love someone, they love them very deeply. Gituuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, makasih ya udah sharing :)

      Tentu aja kita gak bisa stereotipe & ngecap semua orang Indonesia suka makanan pedes. Karena yg benci sambel juga pasti banyak. Hanya aja, karena generalnya ya suka makanan pedes, kita jadinya bisa bilang mereka pasti butuh sambel pas makan. Hehe.

      Sama aja kayak cowok Finlandia. Menurut ku, kalo dia asli Finlandia dari emak bapaknya, kelakuannya pasti mirip2; sulit berekspresi. Apalagi kalo baru deket sama cewek. Tapi sepengalaman aku, kalo doi blasteran Swedia/ortunya emang org Swedia yg tinggal lama di Finlandia, gayanya sok asik/lebih terbuka gitu.

      Tuh dengerin ya semua dari kalian yang baca komen ini, “when Finns love someone, they love them deeply!”

      Hapus
  15. Kak mau nanya orang Finland pembersih apa ngak ya,? TQ. Aq dari Malaysia makasih atas perkongsian nya yang bermanfaat😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha...
      I cannot speak to a whole nation, for sure! Are Malaysians dirty? You never know. Some yes, some not.

      Kalo masalah kebersihan, kembali ke individunya masing2 :) Tapi yang saya tahu, kalo soal makanan, mereka higienis kok.

      Hapus
  16. sempet deket sm Finns. Memang mereka jenis makhluk yg butuh dipancing, kyk ikan :-D. Anyway, menurut saya, apapun nationality dan karakter si cowok, kl dia beneran suka dan serius sama kita, he will come to us.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener :)

      Siapapun yang serius, pasti bakalan effort & nunjukkin kalo he really wants you, terlepas dari apapun kebangsaannya.

      Hapus
  17. Thanks a lot sudah share. ini info yg berharga banget buat aku.

    BalasHapus
  18. Hi nin, kalau dalam islam mengucapkan natal saat mereka merayakannya itu tak boleh,karena sama saja dengan mengatai kalau allah swt itu punya anak, dan allah swt itu orang (padahal bukan), dan allah swt itu punya nafsu, saran ku sebaiknya syahadat lagi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Kalo komen, pake akun asli jangan cuma berani pake akun anonim.

      2. Saya gak minta dinasehati masalah agama :) ini bukan postingan ttg agama ya.

      3. Who the hell are you berani2nya nyuruh saya syahadat lagi? Udah megang kunci surga kah? Udah paling bener ya agamanya? Udah paling suci ya komen begini di postingan org yang gak ada nyambung2nya?

      4. Bahas masalah agama, tapi Anda komen di sini; ngedeketin cowok Finlandia. Kalo Anda niat sama bule, udah mendingan nyingkir deh kalo niatnya 100% mau sama2 ngajak masuk surga 😝 Surga bule beda!

      Hapus
    2. SELAMAT NATAL MBAK/MAS UNKNOWN:)
      SEMOGA TUHAN YESUS SELALU MENGASIHI ANDA:)

      Hapus
  19. Karena balasan smsnya yang terkesan dingin membuat saya mencari tahu.ternyata bener☺️

    BalasHapus
  20. Thats right,,,,terkadang i want cry ;( when i meet with Finlandia boy the very-very cool:(g tau gua harus apa...btw klo dia muji itu beneran y?soalnya gua sering banget dipuji dengan kata2 contohnya i love u,i like u,u smart,etc.:D gua takut baper ajh kak Nini:V

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bule Ketemu Online, Bisakah Serius?

( PERHATIAN!!! SAYA BANYAK SEKALI MENERIMA TESTIMONIALS SOAL COWOK-COWOK DARI INGGRIS YANG MEMINTA ALAMAT SI CEWEK YANG DIKENAL VIA ONLINE. FYI , HAMPIR SEMUA MODUS PENIPUAN SEPERTI INI BERASAL DARI INGGRIS DAN AMERIKA! JANGAN PERNAH TERTIPU KEMASAN KULIT PUTIHNYA, KARENA BISA JADI YANG KALIAN AJAK CHATTING -AN ATAU VIDEO CALL -AN ITU ADALAH PENIPU !! JANGAN PERNAH BERI DATA DIRI SEPERTI NAMA LENGKAP, ALAMAT, SERTA NOMOR IDENTITAS ATAU KARTU KREDIT KE ORANG-ORANG ASING LEWAT DUNIA DIGITAL! BE SMART, BE AWARE, AND PLEASE JANGAN DULU BAPERAN KALO ADA YANG MENGAJAK NIKAH PADAHAL BARU SEMINGGU KENAL!!!) Selain berniat jadi au pair, ternyata blog saya banyak dikunjungi oleh cewek-cewek Indonesia yang ingin pacaran atau sedang dekat dengan bule. Gara-gara tulisan tentang cowok Eropa dan cowok Skandinavia , banyak pembaca blog yang mengirim surel ke saya dan curhat masalah cintanya dengan si bule. Aduh, padahal saya jauh dari kata "ahli" masalah cinta-cintaan. Saya sebetu

Mempelajari Karakter Para Cowok di Tiap Bagian Eropa

*I talk a lot about European boys in this blog, but seriously, this is always the hottest topic for girls! ;) Oke, salahkan pengalaman saya yang jadi serial dater  selama tinggal di Eropa. Tapi gara-gara pengalaman ini, saya juga bisa bertemu banyak orang baru sekalian mempelajari karakter mereka. Cowok-cowok yang saya temui ini juga tidak semuanya saya kencani. Beberapa dari mereka saya kenal saat workshop, festival, ataupun dari teman. Beruntung sekali, banyak juga teman-teman cewek yang mau menceritakan pengalamannya saat berkencan dari cowok ini, cowok itu, and all of them have wrapped up neatly in my head! Secara umum, tulisan yang saya ceritakan disini murni hasil pengalaman pribadi, pengalaman teman, ataupun si cowok yang menilai bangsanya secara langsung. Letak geografis Eropanya mungkin sedikit rancu, tapi saya mengelompokkan mereka berdasarkan jarak negara dan karakter yang saling berdekatan. Kita semua benci stereotipe, tapi walau bagaimana pun kita tetaplah bagi

7 Kebiasaan Makan Keluarga Eropa

Tiga tahun tinggal di Eropa dengan keluarga angkat, saya jadi paham bagaimana elegan dan intimnya cara makan mereka. Bagi para keluarga ini, meja makan tidak hanya tempat untuk menyantap makanan, tapi juga ajang bertukar informasi para anggota keluarga dan pembelajaran bagi anak-anak mereka. Selain table manner , orang Eropa juga sangat perhatian terhadap nilai gizi yang terkandung di suatu makanan hingga hanya makan makanan berkualitas tinggi. Berbeda dengan orang Indonesia yang menjadikan meja makan hanya sebagai tempat menaruh makanan, membuka tudung saji saat akan disantap, lalu pergi ke ruang nonton sambil makan. Selama tinggal dengan banyak macam keluarga angkat, tidak hanya nilai gizi yang saya pelajari dari mereka, tapi juga kebiasaan makan orang Eropa yang sebenarnya sangat sederhana dan tidak berlebihan. Dari kebiasaan makan mereka ini juga, saya bisa menyimpulkan mengapa orang-orang di benua ini awet tua alias tetap sehat menginjak usia di atas 70-an. Kuncinya, pola

Guide Untuk Para Calon Au Pair

Kepada para pembaca blog saya yang tertarik menjadi au pair, terima kasih! Karena banyaknya surel dan pertanyaan tentang au pair, saya merasa perlu membuat satu postingan lain demi menjawab rasa penasaran pembaca. Mungkin juga kalian tertarik untuk membaca hal-hal yang harus diketahui sebelum memutuskan jadi au pair  ataupun tips seputar au pair ? Atau mungkin juga merasa tertantang untuk jadi au pair di usia 20an, baca juga cerita saya disini . Saya tidak akan membahas apa itu au pair ataupun tugas-tugasnya, karena yang membaca postingan ini saya percaya sudah berminat menjadi au pair dan minimal tahu sedikit. Meskipun sudah ada minat keluar negeri dan menjadi au pair, banyak juga yang masih bingung harus mulai dari mana. Ada juga pertanyaan apakah mesti pakai agen atau tidak, hingga pertanyaan soal negara mana saja yang memungkinkan peluang kerja atau kuliah setelah masa au pair selesai. Oke, tenang! Saya mencoba menjabarkan lagi hal yang saya tahu demi menjawab rasa penasar

First Time Au Pair, Ke Negara Mana?

Saya ingat betul ketika pertama kali membuat profil di Aupair World, saya begitu excited memilih banyak negara yang dituju tanpa pikir panjang. Tujuan utama saya saat itu adalah Selandia Baru, salah satu negara impian untuk bisa tinggal. Beberapa pesan pun saya kirimkan ke host family di Selandia Baru karena siapa tahu mimpi saya untuk bisa tinggal disana sebentar lagi terwujud. Sangat sedikit  host family dari sana saat itu, jadi saya kirimkan saja aplikasi ke semua profil keluarga yang ada. Sayangnya, semua menolak tanpa alasan. Hingga suatu hari, saya menerima penolakan dari salah satu keluarga yang mengatakan kalau orang Indonesia tidak bisa jadi au pair ke Selandia Baru. Duhh! Dari sana akhirnya saya lebih teliti lagi membaca satu per satu regulasi negara yang memungkinkan bagi pemegang paspor Indonesia. Sebelum memutuskan memilih negara tujuan, berikut adalah daftar negara yang menerima au pair dari Indonesia; Australia (lewat Working Holiday Visa ) Austria Amerika